Tata Cara Sholat Tahajud, Niat Sholat Tahajud Yang Benar Dan Jumlah Raka'at

Advertisement
Advertisement
Sholat Tahajud adalah sholat sunnah yang dilakukan pada malam hari yang biasa juga disebut dengan sholat malam atau qiyamul lail, namun waktunya juga ditetapkan yakni setelah waktu isya hingga menjelang waktu subuh, dan saat paling utama untuk bertahajud yakni sekitar pukul 12 hingga pukul 3 sebelum subuh. Yang perlu diperhatikan juga apabila sebelum sholatnya teman-teman harus sholat isya dan tidur terlebih dahulu meski tidurnya hanya sekejap saja.

Tata Cara Sholat Tahajud adalah bentuk bagaimana cara kita mengerjakan sholat sunnah qiyamul lail yang baik dan benar, mungkin masih ada yang bertanya-tanya bagaimana caranya mengerjakan shalat tahajud? Sebenarnya untuk pelaksanaannya sih sama saja seperti mengerjakan sholat pada umumnya, yakni diawali dengan takbir dan diakhiri dengan salam, hanya saja cuma beda niat, dan berikut Tata Cara Sholat Tahajud selengkapnya:

Tata Cara Sholat Tahajud
  • Membaca Niat Sholat Tahajud dalam hati bersamaan dengan Takbiratul Ihram
  •  اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً لِلهِ تَعَالَى
  • Membaca doa Iftitah
  • Membaca Suroh Al-Fatihah
  • Membaca surat-surat pendek dan yang paling utama adalah membaca surat Al-Kafirun (raka'at pertama) dan surat Al-Ikhlas (raka'at kedua).
  • Ruku sambil membaca tasbih tiga kali 
  • سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيْمِ وَبِحَمْدِهِ
  • I'tidal sambil membaca
  •  سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ, رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءُ السَّموَاتِ وَمِلْءُ اْلاَرْضِ وَمِلْءُمَاشِئْتَ مِنْ شَيْئٍ بَعْدُ
  • Sujud pertama dan membaca Tasbih tiga kali
  •  سُبْحَانَ رَبِّيَ اْلاَعْلَى وَبِحَمْدِهِ
  • Duduk diantara dua sujud dan membaca
  •  رَبِّ اغْفِرْلِيْ وَارْحَمْنِيْ وَاجْبُرْنِيْ وَارْفَعْنِيْ وَارْزُقْنِيْ وَاهْدِنِيْ وَعَافِنِيْ وَاعْفُ عَنِّيْ
  • Sujud yang kedua dan membaca tasbih tiga kali
  •  سُبْحَانَ رَبِّيَ اْلاَعْلَى وَبِحَمْدِهِ
  • Kemudian Berdiri lagi untuk raka'at yang kedua, lakukanlah seperti halnya raka'at pertama tadi dan setelah sujud yang kedua lalu Tasyahud Akhir dan bacaannya hingga salam. Selepas itu dianjurkan juga untuk membaca doa tahajud atau membaca doa-doa selepas solat seperti doa selamat dan amalan doa lainnya.

Tata Cara Sholat Tahajud, Niat Sholat Tahajud Yang Benar Dan Jumlah Raka'at

Mungkin dari teman-teman ada juga yang bertanya berapakah jumlah sholat tahajud paling sedikit hingga paling banyak, Untuk jumlah raka'at sholat tahajud dalam setiap sholatnya itu memiliki beberapa pendapat, diantaranya tercantum dalam beberapa hadist shahih yang bunyinya demikian:

مَا كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَزِيدُ فِي رَمَضَانَ وَلَا فِي غَيْرِهِ عَلَى إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً يُصَلِّي أَرْبَعًا فَلَا تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ ثُمَّ يُصَلِّي أَرْبَعًا فَلَا تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ ثُمَّ يُصَلِّي ثَلَاثًا فَقَالَتْ عَائِشَةُ: فَقُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ أَتَنَامُ قَبْلَ أَنْ تُوتِرَ؟ فَقَالَ: يَا عَائِشَةُ إِنَّ عَيْنَيَّ تَنَامَانِ وَلَا يَنَامُ قَلْبِي

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengerjakan shalat (lail) baik di dalam bulan ramadhan maupun di luar ramadhan tidak pernah lebih dari 11 rakaat. Beliau memulai dengan mengerjakan 4 rakaat, kamu tidak usah menanyakan bagaimana baik dan panjangnya shalat beliau. Setelah itu beliau kembali mengerjakan 4 rakaat, kamu tidak usah menanyakan bagaimana baik dan panjangnya shalat beliau. Kemudian beliau shalat tiga rakaat.” Aisyah berkata: Lalu aku bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah anda tidur sebelum witir?” Beliau menjawab, “Wahai Aisyah, sesungguhnya kedua mataku memang tidur namun hatiku tidak.” (HR. Al-Bukhari no. 1147 dan Muslim no. 738)

كَانَ صَلاَةُ النَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم – ثَلاَثَ عَشْرَةَ رَكْعَةً . يَعْنِى بِاللَّيْلِ

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa melaksanakan shalat malam 13 rakaat.” (HR. Bukhari no. 1138 dan Muslim no. 764)

لأَرْمُقَنَّ صَلاَةَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- اللَّيْلَةَ فَصَلَّى. رَكْعَتَيْنِ خَفِيفَتَيْنِ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ طَوِيلَتَيْنِ طَوِيلَتَيْنِ طَوِيلَتَيْنِ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ وَهُمَا دُونَ اللَّتَيْنِ قَبْلَهُمَا ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ وَهُمَا دُونَ اللَّتَيْنِ قَبْلَهُمَا ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ وَهُمَا دُونَ اللَّتَيْنِ قَبْلَهُمَا ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ وَهُمَا دُونَ اللَّتَيْنِ قَبْلَهُمَا ثُمَّ أَوْتَرَ فَذَلِكَ ثَلاَثَ عَشْرَةَ رَكْعَةً

“Aku pernah memperhatikan shalat malam yang dilakukan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau pun melaksanakan 2 rakaat ringan. Kemudian setelah itu beliau laksanakan 2 rakaat yang panjang-panjang. Kemudian beliau lakukan shalat 2 rakaat yang lebih ringan dari sebelumnya. Kemudian beliau lakukan shalat 2 rakaat lagi yang lebih ringan dari sebelumnya. Beliau pun lakukan shalat 2 rakaat yang lebih ringan dari sebelumnya. Kemudian beliau lakukan shalat 2 rakaat lagi yang lebih ringan dari sebelumnya. Lalu terakhir beliau berwitir sehingga jadilah beliau laksanakan shalat malam ketika itu 13 rakaat.” (HR. Muslim no. 765)

Advertisement