Tata Cara Mandi Wajib Yang Benar Junub Laki-Laki Wanita Setelah Haid Nifas

Advertisement
Advertisement
Tata Cara Mandi Wajib Yang Benar - Mandi Wajib atau yang dikenal juga dengan mandi jinabah/junub atau juga mandi besar adalah mensucikan/membersihkan diri dari hadas besar dengan cara membasuh seluruh tubuh kita dengan air dari mulai ujung rambut hingga ujung kaki sampai lubang-lubang yang masih terlihat oleh mata. Insya Alloh di kesempatan kali ini kami akan sedikit mengulas tentang Tata Cara Mandi Wajib yang benar sesuai urutan hukum syara' (Syari'at Islam).

Sebenarnya pelajaran Fiqih tentang hadast seringkali dibahas dikala kita masih menduduki bangku sekolah dasar oleh guru mata pelajaran Fikih, namun tidak sedikit juga orang yang masih belum tahu bagian dari pada hadast itu sendiri. Hadast dalam ajaran fiqih terbagi dua bagian yakni hadast kecil dan hadast besar, yang mana dari kedua hadast tersebut untuk mensucikannya jelas berbeda.

Membersihkan diri kita dari hadast kecil hanya cukup dengan berwudhu saja seperti hendak kita mau melaksanakan sholat baik itu shalat wajib maupun sunnah, adapun tata cara menghilangkan hadast besar yaitu harus dengan cara mandi wajib/mandi besar seperti mempunyai junub, mimpi jima', selepas haid, setelah habisnya masa nifas dan perkara lainnya yang mewajibkan untuk adus wajib.

Tata Cara Mandi Wajib Yang Benar Junub Laki-Laki Wanita Setelah Haid Nifas

Tata Cara Mandi Wajib
  • Membaca Niat/Doa Mandi Wajib (dalam hati)
  • Membasuh/Membersihkan Kedua Telapak Tangan
  • Membasuh Kemaluan Hingga Bersih
  • Membasahi Seluruh Anggota Tubuh Hingga Harus Terkena Air Seluruhnya

Itulah uraian singkat yang dapat kami sajikan kali ini mengenati Tata Cara Mandi Wajib yang benar baik itu tata cara mandi wajib setelah haid bagi wanita maupun tata cara mandi wajib junub yang dapat menyebabkan mandi wajib/mandi besar.

Advertisement