Niat Puasa Syawal 6 Hari Lengkap Doa Berbuka Dan Artinya

Advertisement
Advertisement
Niat Puasa Syawal - Puasa syawal setelah bulan ramadhan memiliki pangkat sunnah, dan kebiasaan orang-orang menunaikan atau waktu puasanya selama enam hari dimulai dari tanggal 2 syawal, dan bagi teman-teman yang ingin berpuasa di hari tersebut namun masih belum tahu bagaimana bacaan niat puasanya bisa di hafalkan dalam halaman ini.

Puasa syawal adalah hukumnya sunnah, yang berarti apabila dikerjakan mendapatkan pahala dan jika ditinggalkan maka tidak mendapatkan dosa. Adapub beberapa dalil atau keterangan yang menjelaskan tentang puasa syawal selama 6 hari adalah sebagai berikut:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ

Artinya : Barangsiapa berpuasa Ramadhan kemudian diikuti dengan puasa 6 (enam) hari bulan Syawal, maka (pahalanya) seperti puasa satu tahun penuh. (HR. Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi dan Ibnu Majah)

صيام شهر رمضان بعشرة أمثالها وصيام ستة أيام بشهرين فذلك صيام السنة

Artinya : Puasa sebulan Ramadan pahalanya 10x lipat. Puasa enam hari bulan Syawal sama dengan dua bulan. Maka jumlahnya sama dengan setahun penuh. (HR. Ibnu Khuzaimah)

جعل الله الحسنة بعشر أمثالها فشهر بعشرة أشهر وصيام ستة أيام تمام السنة

Artinya : Allah menjadikan kebaikan dengan 10 kali lipat. Maka satu bulan sama dengan 10 bulan. Dan puasa enam hari sama dengan setahun penuh. (HR. Nasa'i)

Niat Puasa Syawal 6 Hari Lengkap Doa Berbuka Dan Artinya

Niat Puasa Syawal

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ ِستَةٍ ِمنْ شَوَالٍ سُنَةً ِللَه تَعَالَي

LATIN : NAWAITU SHOUMA GHODIN 'ANSITTATIN MIN SYAWAALI SUNNATAN LILLAAHI TA'ALAA
Artinya : Saya niat berpuasa sunnah enam haru bulan Syawal karena Allah

Dan bacaan doa buka puasa untuk bulan syawal sama saja seperti halnya bacaan doa berbuka puasa biasanya, lafadz bacaannya dapat teman-teman cari pada kotak pencarian yang telah kami sediakan diatas.

Advertisement